Sekilas Info

Ingin Artikel / Karya / iklan Antum wa Antunna dimuat diblog ini ? Silahkan kirim ke email : lembagadakwahannur@gmail.com "Karena An-Nuur Lebih Dari Sahabat"

Persiapkan dirimu! #UASBersih



Berikut ada tips-tips belajar yang cocok buat kalian yang sebentar lagi mau menghadapi masa-masa UAS. Simak baik-baik ya :)


1) Sebelum belajar, niat bahwa aku belajar ini karena Allah SWT
Setiap kali mau keluar rumah untuk pergi kuliah, senantiasa ingatkan diri, aku menuntut ilmu ini karena Allah SWT. Banyak kelebihan bagi orang yang menuntut ilmu.
Jangan merasa tertekan jika kelas dimulai di pagi hari dan berakhir pada sore hari bahkan hingga petang. Tetapi fikir bahwa sepanjang proses menuntut ilmu ini,  malaikat akan senantiasa mendoakan kita. Jadi, jika kita tidak akan merasa terlalu tertekan jika kelas itu terasa sangat lama.

2) Disiplinkan diri
Setiap kali mau belajar, usahakan baca ayat Al-Qur'an dulu sebelum memulai waktu belajar itu. Jadi, pasti kita tidak meninggalkan Al-Qur'an walau sesibuk apapun kita. Seorang ustazah pernah bercerita satu kisah yang sangat memberi inspirasi.

Ada seorang budak perempuan di Arab Saudi yang mayatnya tidak hancur, walaupun sudah lebih dua tahun dia meninggal dunia. Banyak yang bingung karena budak itu masih kecil, yaitu berumur 15 tahun. Jadi, ada yang pergi mengunjungi Ibu dan Bapak dari budak itu dan bertanya, apakah amalan budak perempuan ini.
Ibunya menjawab, saya tidak tahu hal istimewa apa yang anak saya lakukan, cuma saya tahu dia sangat menjaga Al-Qur'an. Setiap kali sebelum belajar, dia pasti akan baca awal surat ayat-ayat Al-Qur'an, dan itu tidak pernah ia tinggalkan. Jadi, budak sekecil ini pun bisa baca satu awal surat setiap kali sebelum belajar, kita yang sudah besar ini mustahil tidak mampu bukan? Orang yang hebat tidak akan memberi alasan, tetapi dia senantiasa cari jalan.

3) Kembalikan motivasi-motivasi positif dalam diri supaya tiada ruang untuk syaitan menghalang kita menuntut ilmu
Apabila kita merasa tertekan karena berkali-kali sudah membaca suatu topik dalam belajar, tetapi tetap tidak faham, dan akhirnya kita merasa putus asa dan lalu tutup buku. Dan yang lebih bahaya, mind setting akan mengatakan topik ini sangat susah dan tidak menarik.
Jadi, cobalah tips daripada 'salafus soleh' terdahulu. Apabila ada sesuatu yang mengalang fokus, mereka pergi memperbarui wudhu dan sholat sunnah dua rakaat. Jika kita dalam keadaan seperti ini, setidaknya kita dapat memperbarui wudhu dan itu sudah cukup.

4) Utamakan seruan Allah SWT
Bagian paling penting! Apabila sedang khusyu' belajar, tiba-tiba azan berkumandang, berhentilah sebentar untuk menyambut seruan Allah SWT. Lalu kita sholat. Jadikan ia sebagai terapi diri sehabis penat belajar. Imam Ghazali mengatakan bahwa :

"Orang yang menyahut seruan azan dengan serta merta meninggalkan segala urusan untuk menunaikan sholat berjama'ah, di akhirat kelak, dia akan dijemput oleh Allah SWT dengan penuh lemah-lembut dan menjadi tetamu-Nya."

Jadi, setiap kali merasa berat berhenti belajar untuk pergi sholat, ingat kembali, jika aku mau dijemput oleh Allah SWT di akhirat kelak, aku harus utamakan sholat terlebih dahulu daripada pekerjaan lain. Mana kita tahu bukan, kita lebih merasa mudah apabila belajar sehabis selesai sholat itu. Inilah namanya berkah. Apabila kita utamakan Allah SWT daripada benda lain.

5) Jangan lupa membaca doa dan ambillah wudhu sebelum memulai belajar
Berdoalah, memohon Allah SWT memberi kekuatan dalam menuntut ilmu. Apabila kita berwudhu, kita akan senantiasa ingat bahwa belajar ini adalah salah satu ibadah yang sangat dituntut dalam Islam dan lebih memudahkan kita untuk dapat langsung sholat jika sedang belajar, tiba-tiba azan. Kita tidak tahu dengan wudhu itu, kita belajar lebih berkah.


Dari artikel ‘Belajar: Bagaimana mendapatkan keberkatan – iluvislam
(terdapat beberapa perubahan) 
 
#SEA

0 komentar:

Posting Komentar